Market day ajarkan siswa kembangkan jiwa enterpreneirship




MENUMBUHKAN  SOFT KILL  KEWIRAUSAHAAN  MELALUI  MARKET  DAY

by
Faizatur Rohmah,S Pd
 Era globalisasi mendorong setiap negara untuk meningkatkan kualitas pendidikannya agar mampu bersaing di tengah pesatnya kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas di hasilkan melalui penyelenggaran pendidikan yang mencakup empat pilar : Learning to know,Learning to do,Learning to be, Learning to live together.
Tujuannya adalah untuk mempersiapkan siswa sebagai bagian dari bonus demografi Indonesia agar menjadi orang yang kreatif, inovatif, dan memiliki kemandirian yang tinggi sehingga diharapkan tidak menjadi beban pembangunan tetapi menjadi aset bangsa yang mampu membuka lapangan kerja di masa depan.
Project-based learning adalah sebuah model atau pendekatan pembelajaran yang inovatif, yang menekankan belajar kontekstual melalui kegiatan-kegiatan yang kompleks (Cord, 2001; Thomas, Mergendoller, & Michaelson, 1999; Moss, Van-Duzer, Carol, 1998).  model project-based learning lebih menekankan pada kegiatan belajar yang relatif berdurasi panjang, holistik-interdisipliner, perpusat pada siswa,dan terintegrasi dengan praktik dan isu-isu dunia nyata
Model Project Based Learning Market Day adalah sebuah model pembelajaran berbasis proyek yang melibatkan siswa untuk merekonstruksi pengetahuan, keterampilan dan mengkulminasikan dalam produk nyata serta memasarkan produknya kepada teman, guru, dan masyarakat sekitar melalui kegiatan bazar atau pasar yang diselenggarakan oleh sekolah.  Project Based Learning Market Day ini dapat diterapkan pada mata pelajaran IPS, Kewirausahaan,di SMP 2 Kedungwuni .
Enam langkah grand design  pelaksanaan  model  project based learning market day :

Langkah 1:, menentukan pertanyaan atau permasalahan paling mendasar yang akan digunakan sebagai sebuah proyek dilakukan guru, misalnya pada pembelajaran IPS materi  kewirausahaan. Pada tahap ini guru menayangkan video tentang aktivitas yang terdapat pada suatu pasar tradisional .siswa dapat menyimpulkan dan menceritakan kembali dari tayangan vidio tersebut.
Langkah 2:. Pada tahap ini guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok untuk membuat bisnis plan (perencanaan bisnis). Setiap kelompok menentukan jenis produk yang akan dibuat, bahan-bahan yang diperlukan, cara pembuatan produk, nama produk, sasaran konsumen dan strategi pemasaran serta iklan market day.
Langkah 3: menyusun jadwal pelaksanaan proyek “Market Day”. Penyusunan jadwal diperlukan untuk memastikan tahap-tahap proyek terlaksana dengan baik dan tepat waktu. Dengan membuat time schedule, semua kegiatan siswa mulai dari persiapan, pelaksanaan sampai dengan evaluasi proyek tercatat dan terjadwal sesuai dengan yang diharapkan.

Langkah 4: memonitor kemajuan proyek. Pada tahap ini guru memantau dan memberikan masukan kepada masing-masing kelompok dalam mempersiapkan proyek market day. Tahap ini termasuk tahap akhir persiapan sebelum market day dilaksanakan.

Langkah 5:  Menguji proses dan hasil. Tahap ini merupakan tahapan inti dari pembelajaran model project based learning “market day” karena pada tahap inilah pelaksanaan market day dilaksanakan. Pada tahap pelaksanaan, setiap kelompok melakukan pengaturan display stand dan produk yang dibuat, dan kemudian melaksanakan praktik market day pada saat jam istirahat  dengan melayani pembeli produk mereka  dari siswa, guru, dan karyawan

Tahap 6 :dan merupakan tahap terakhir model project based learning “Market Day” adalah mengevaluasi pelaksanaan  proyek market day.

Kegiatan market day  di ikuti para siswa  disadari ataupun tidak, mampu menumbuhkan kreativitas, inovasi, dan soft skill di bidang kewirausahaan, selain itu kegiatan market day siswa mendapat pengalaman  baru atau  kesan yang sangat berharga. Dan di akhir kegiatan guru mengumpulkan semua siswa serta mengevaluasi semua kegiatan market day pada hari itu juga , tidak lupa  guru memberikan apresiasi kepada siswa yang telah berhasil melaksanakan proyek membuat pasar sederhana { Market Day } Dengan memberikan reward pada kelompok terbaik  1,2,3 kegiatan market day .sehingga tujuan dari pembelajaran project based learning market day  kelas di VII materi kewirausahaan bisa tercapai, sehingga bisa meningkatkan kompetensi kewirausahaan di SMP 2 Kedungwuni. tidak hanya melalui pembelajaran IPS saja, namun bisa kolaborasi dengan mapel lain, dengan bentuk Bazar dan sasaran  konsumennya tidak hanya pada siswa, guru,karyawan tetapi juga komite sekolah dan orang tua serta lingkungan sekitar sekolah. (PKL 1, Faizatur Rohmah)
                                                                                                      

                                                                                                       Guru IPS SMP 2 kedungwuni
                                                                                                       Kabupaten Pekalongan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah Bimbingan Konseling di PAUD/TK, SD,SMP, SMA

TATA CARA DZIKIR AN-NAQSYABANDI KAIFIYAT DZIKIR

Resensi buku Perencanan Pembelajaran : Mengembangkan Standar Kompetensi Guru