Market day ajarkan siswa kembangkan jiwa enterpreneirship
MENUMBUHKAN
SOFT KILL KEWIRAUSAHAAN
MELALUI MARKET DAY
by
Faizatur
Rohmah,S Pd
Era globalisasi mendorong setiap
negara untuk meningkatkan kualitas pendidikannya agar mampu bersaing di tengah
pesatnya kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Sumber Daya Manusia (SDM)
yang berkualitas di hasilkan melalui penyelenggaran pendidikan yang mencakup
empat pilar : Learning to know,Learning to do,Learning to be, Learning to live
together.
Tujuannya adalah untuk mempersiapkan siswa sebagai bagian dari bonus
demografi Indonesia agar menjadi orang yang kreatif, inovatif, dan memiliki
kemandirian yang tinggi sehingga diharapkan tidak menjadi beban pembangunan
tetapi menjadi aset bangsa yang mampu membuka lapangan kerja di masa depan.
Project-based learning adalah sebuah model atau pendekatan
pembelajaran yang inovatif, yang menekankan belajar kontekstual melalui
kegiatan-kegiatan yang kompleks (Cord, 2001; Thomas, Mergendoller, &
Michaelson, 1999; Moss, Van-Duzer, Carol, 1998). model project-based learning lebih
menekankan pada kegiatan belajar yang relatif berdurasi panjang,
holistik-interdisipliner, perpusat pada siswa,dan terintegrasi dengan praktik
dan isu-isu dunia nyata
Model Project Based Learning Market Day adalah sebuah model pembelajaran
berbasis proyek yang melibatkan siswa untuk merekonstruksi pengetahuan,
keterampilan dan mengkulminasikan dalam produk nyata serta memasarkan produknya
kepada teman, guru, dan masyarakat sekitar melalui kegiatan bazar atau pasar
yang diselenggarakan oleh sekolah. Project
Based Learning Market Day ini dapat diterapkan pada mata pelajaran IPS,
Kewirausahaan,di SMP 2 Kedungwuni .
Enam langkah grand design pelaksanaan model project based learning market day :
Langkah 1:, menentukan pertanyaan atau permasalahan paling mendasar yang
akan digunakan sebagai sebuah proyek dilakukan guru, misalnya pada pembelajaran
IPS materi kewirausahaan. Pada tahap ini
guru menayangkan video tentang aktivitas yang terdapat pada suatu pasar
tradisional .siswa dapat menyimpulkan dan menceritakan kembali dari tayangan
vidio tersebut.
Langkah 2:. Pada tahap
ini guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok untuk membuat bisnis plan
(perencanaan bisnis). Setiap kelompok menentukan jenis produk yang akan dibuat,
bahan-bahan yang diperlukan, cara pembuatan produk, nama produk, sasaran
konsumen dan strategi pemasaran serta iklan market day.
Langkah 3: menyusun
jadwal pelaksanaan proyek “Market Day”. Penyusunan jadwal diperlukan
untuk memastikan tahap-tahap proyek terlaksana dengan baik dan tepat waktu.
Dengan membuat time schedule, semua kegiatan siswa mulai dari persiapan,
pelaksanaan sampai dengan evaluasi proyek tercatat dan terjadwal sesuai dengan
yang diharapkan.
Langkah 4: memonitor
kemajuan proyek. Pada tahap ini guru memantau dan memberikan masukan kepada
masing-masing kelompok dalam mempersiapkan proyek market day. Tahap ini
termasuk tahap akhir persiapan sebelum market day dilaksanakan.
Langkah 5: Menguji proses dan hasil. Tahap ini merupakan
tahapan inti dari pembelajaran model project based learning “market day”
karena pada tahap inilah pelaksanaan market day dilaksanakan. Pada tahap
pelaksanaan, setiap kelompok melakukan pengaturan display stand dan
produk yang dibuat, dan kemudian melaksanakan praktik market day pada saat
jam istirahat dengan melayani
pembeli produk mereka dari siswa, guru,
dan karyawan
Tahap 6 :dan
merupakan tahap terakhir model project based learning “Market Day” adalah
mengevaluasi pelaksanaan proyek market
day.
Kegiatan market
day di ikuti para siswa disadari ataupun tidak, mampu menumbuhkan
kreativitas, inovasi, dan soft skill di bidang kewirausahaan, selain itu
kegiatan market day siswa mendapat pengalaman baru atau
kesan yang sangat berharga. Dan di akhir kegiatan guru mengumpulkan
semua siswa serta mengevaluasi semua kegiatan market day pada hari itu juga ,
tidak lupa guru memberikan apresiasi
kepada siswa yang telah berhasil melaksanakan proyek membuat pasar sederhana {
Market Day } Dengan memberikan reward pada kelompok terbaik 1,2,3 kegiatan market day .sehingga tujuan
dari pembelajaran project based learning market day kelas di VII materi kewirausahaan bisa tercapai,
sehingga bisa meningkatkan kompetensi kewirausahaan di SMP 2 Kedungwuni. tidak
hanya melalui pembelajaran IPS saja, namun bisa kolaborasi dengan mapel lain,
dengan bentuk Bazar dan sasaran
konsumennya tidak hanya pada siswa, guru,karyawan tetapi juga komite
sekolah dan orang tua serta lingkungan sekitar sekolah. (PKL 1, Faizatur Rohmah)
Guru IPS SMP 2 kedungwuni
Kabupaten Pekalongan
Komentar
Posting Komentar